Mau Bisnis, Tapi Mulai Darimana?

Mau Bisnis, Tapi Bingung Harus Mulai Darimana?


Bagi sebagian besar orang, pastinya ingin sekali mempunyai sebuah bisnis/usaha. Bisnis berbeda dengan hanya jualan atau berdagang. Kalau berdagang kita hanya sebatas menjual barang, dapet untung, masuk ke tabungan. Kalau bisnis?

Menurut saya bisnis lebih dari sekedar itu, bisnis mencakup bagaimana kita bisa berbagi dengan masyarakat, bisa bermanfaat untuk orang banyak (termasuk orang tua kita tentunya), dan bisa membanggakan negara kita. (Indonesia tentunya). Tapi seringkali kita sebagai pemula ataupun yang baru terjun ke dalam dunia bisnis, bingung untuk harus memulai darimana.


Bisnis Dimulai Dari MENTAL dan MINDSET...


Sekedar berbagi pengalaman, saya memulai jualan sejak tahun 2010, kurang lebih sudah 3 tahun saya berjualan, Saya memulai jualan dengan modal nyaris NOL iya 0 besar! bahkan saya tidak memerlukan modal untuk jualan. Pastinya anda bertanya-tanya, kok bisa memulai jualan atau usaha GAK PAKE MODAL! lha wong OTAK kita aja sudah cukup sebenernya untuk modal kita, hanya tinggal MENTAL dan USAHA saja yang diperbesar.

Jika anda yang membaca ini masih termasuk muda, mulailah sekarang untuk mencoba berjualan, tidak heran anak-anak muda saat ini sudah banyak yang bisa membeli kendaraan seperti mobil sendiri! Bagi anak-anak muda yang ingin memulai usaha tapi bingung harus mulai darimana, coba deh siapin satu lembar kertas, tulis disana hobi kamu apa? apa yang kamu suka? atau apa yang membuat kamu tertarik? setelah itu tanyakan teman terdekat ataupun saat ini anda bisa menggunakan GOOGLE untuk membantu anda mencari informasi seperti supplier/distributor/agen. Tanyakan apakah saya bisa membantu anda untuk meningkatkan penjualan anda? Jika bisa mulailah untuk berjualan sejak dini. Anda tinggal menjadi reseller ataupun dropshipper mereka (TANPA MODAL).

Eits... kalau saya masih ngaryawan sampe sekarang gimana dong? tentunya pola pikir kita tidak melulu untuk selalu menjadi karyawan dong, iya apa iya? Ubah pola pikir kita terlebih dulu, bahwa saat ini adalah saat untuk mengumpulkan MODAL. Tentunya anda tidak boleh terlena, sambil anda mengumpulkan modal, anda bisa mencari usaha apa yang cocok untuk dijalankan sesuai dengan modal anda, misalnya: Warung Makan, Jualan Hijab/Kerudung, Gadget, dll..

Nah! ketika usaha anda sudah terlihat berkembang, ini saatnya anda tidak menjadi karyawan lagi, justru anda membutuhkan karyawan. Enak apa enak? ini saatnya anda resign dari pekerjaan kantor anda, dan mulai membangun usaha anda lebih besar lagi.

Bisnis tidak melulu soal MODAL kok, ada persoalan yang lebih besar lagi, yaitu MINDSET dan MENTAL. Punya MODAL tapi gak punya MENTAL dan MINDSET pasti takut-takut untuk melangkah, tapi punya MENTAL dan MINDSET sudah bisa melangkah tanpa MODAL.


Salam sukses untuk kita semua, nantikan tulisan-tulisan mengenai seputar bisnis lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar