Menemukan Sebuah Ide Bisnis

Menemukan Sebuah Ide Bisnis


Menemukan ide bisnis tidaklah sulit, tapi menemukan ide bisnis yang dapat memecahkan sebuah permasalahan itu baru sulit. Sudahkah anda menemukan ide bisnis yang benar-benar dapat memecahkan sebuah masalah? Maksudnya benar-benar memecahkan sebuah masalah disini adalah, dengan ide bisnis mu si target/customer tidak dapat beralih. Contoh: Tahukan anda seseorang yang menjuluki dirinya Mr.Toilet? Jika anda belum tahu, silahkan anda bisa tonton disini.

Sudah melihat videonya? Bisa bayangkan berapa banyak orang yang meninggal karena (maaf) "tai"? Nah! ini yang saya bilang bahwa ide bisnis yang benar-benar dapat memecahkan sebuah masalah. Dari video ini dapat saya simpulkan bahwa masalahnya apa? masalahnya, apakah orang-orang "pinggiran" atau kurang mampu tidak mempunyai uang untuk membangun sebuah toilet? Saya rasa tidak, justru saya yakin mereka setidaknya punya televisi untuk mereka tonton, jadi? masalahnya apa? Nah! masalahnya adalah, mereka berpikir jika mereka membangun sebuah toilet pun, gak menjamin mereka tidak digusur, iya apa iya? Jadi sudah nangkep yah maksud saya. Ini kenapa Mr.Toilet menghadirkan "simple toilet".


Pecahkan Masalah, Bukan Cari Masalah..


Masalah itu harus dipecahkan, namun terkadang kita mencari masalah yang ingin dipecahkan yang sulit. Itu kenapa seorang entrepreneur dituntut untuk dapat menyelesaikan sebuah problem yang sedang terjadi. Entah itu problem kemacetan, air bersih, kemiskinan, kebakaran, dan sebagainya. Nah! untuk memecahkan sebuah masalah, tentunya kita dituntut untuk lebih peka terhadap sekitar, berpikir lebih jauh dan luas, jangan mengkotak-kotakan.

Seringkali kita memaksa otak kita untuk berpikir menemukan ide, saya tidak menyalahkan, tapi alangkah baiknya ide itu muncul disaat otak tidak terbebani atau terpaksa, layaknya ketika anda menemukan sebuah topik untuk anda tulis, pastinya semuanya akan mengalir saja, iya apa iya? Tenang.. saya juga sering kok mengalami hal yang sama seperti anda, ingin menjadi entrepreneur, ingin menciptakan konsep ide yang bagus, ingin ide kita diterima oleh investor, tapi dengan memaksakan otak kita. Padahal dengan otak yang tenang dan peka, kita bisa loh membuat sebuah konsep bisnis yang OKE.

Terkadang otak kita itu pengen "dipancing", dipancing untuk bisa berpikir lebih. oh ternyata begini toh.. oh ternyata begitu toh.. iya juga yah.. cringg!.. gua dapet ide nih! hehehe...

Itu kenapa saya mengajak anda untuk berpikir konsep/ide, bukan produk. Itu kenapa gak ada kan kompetisi membuat produk? tapi adanya kompetisi membuat ide bisnis. Iya apa iya? ya karena mereka tidak mau melihat produknya dulu, tapi mereka ingin melihat apa sih ide bisnis kamu?

Bagaimana memancing otak kita agar lebih melarr? Banyak caranya, salah satunya anda bisa menonton beberapa film dengan ide yang brilliant, saya merekomendasikan anda sebuah website dimana ada ide-ide yang gak pernah kita duga sebelumnya, bisa saja anda coba modifikasi dan anda terapkan. Toh.. kalau bisa lebih bagus, kenapa tidak?

Anda bisa buka website ini GE Focus Forward - Short Films, Big Ideas

Anda bisa Menemukan Sebuah Ide Bisnis dimana saja, bisa ketika anda sedang berjalan, sedang bercanda gurau bersama teman, sedang ngelamun, dan sebagainya...

0 komentar:

Posting Komentar