Pikirkan PRODUK = Gambling!

Pikirkan PRODUK = Gambling!


Saya yakin semuanya tahu kan apa itu gambling? kata ini sudah tidak asing lagi. Biasanya para pemain kartu di luar negeri sana banyak yang jadi gambler, alias orang yang taruhan. Apakah anda tahu jika anda taruhan, anda akan menang 100%? pastinya yang namanya taruhan atau gambling itu untung-untungan, betul? Nah, ini sama halnya yang sering terjadi pada pebisnis pemula, bahkan bukan hanya pebisnis pemula. Banyak orang yang ingin menjadi entrepreneur alias punya bisnis sendiri, lebih memikirkan apa yang harus saya buat (baca: produk)? Ketimbang memetakan terlebih dahulu faktor apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah bisnis (baca: Business Model). Sah-sah saja kita boleh langsung memikirkan produk, apabila didukung dengan research yang sangat sangat kuat. Itu kenapa saya mengajak anda untuk tidak buru-buru, lebih baik Pikirkan KONSEP, baru PRODUK.


Bagaimana Menyusun Sebuah KONSEP atau IDE?


Saya yakin pertanyaan diatas yang muncul di benak anda, iya apa iya? Terkadang kita mudah untuk membuat atau memproduksi sebuah produk ketimbang memikirkan ide atau konsep bisnis. Jika anda masih bingung untuk menyusun sebuah konsep atau ide, ataupun anda masih belum mendapatkan gambaran apa sih konsep itu? gimana sih contoh sebuah konsep? dan lain-lain. Saya sarankan anda bisa googling dulu "Business Model Generation" atau "Business Model Canvas". Setelah itu anda bisa baca-baca terlebih dahulu untuk mengetahui gambaran besarnya. Tentu jika anda ingin mencoba untuk membuat sebuah bisnis model yang baik, anda harus mempunyai acuan, salah satunya buku.

Sayangnya disini saya tidak menjual buku, akan tetapi saya bisa mereferensikan buku mengenai bisnis model yang top! anda bisa lihat cover bukunya dibawah ini:

Buku Business Model Generation diatas bisa anda dapatkan ditoko buku periplus ataupun kinokunia, anda juga bisa melakukan online order langsung di website Business Model Generation

Nah! dengan anda membaca dan memahami buku yang saya rekomendasikan tersebut, maka anda akan dimudahkan untuk tahu Bagaimana Menyusun Sebuah Bisnis Model? (baca: Konsep/Ide Bisnis). Sebaik-baiknya bisnis model, lebih baik lagi anda coba mulai menyiapkan sebuah kertas kosong, lalu pikirkan dan tulis apa yang akan anda buat.

Jika anda ingin mengukur bisnis model anda, silahkan anda juga bisa mengikuti kompetisi-kompetisi ide bisnis yang banyak sekali diadakan saat ini. Disanalah anda bisa menguji seberapa baik bisnis model anda. Anda juga bisa menguji bisnis model anda di depan para investor, jika investor anda tertarik itu berarti bisnis model anda menarik. 

Gak mau kan Bisnis kayak orang taruhan? Anda bukan GAMBLER!, Anda ENTREPRENEUR!

Semoga tulisan-tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi anda, silahkan bagikan dengan mencantumkan referensi blog/website saya, ataupun anda bisa meninggalkan komentar positif di kolom komentar dibawah ini. 

0 komentar:

Posting Komentar